Wednesday, August 29, 2007

Apple iPhone



Dear all,

Mungkin sebagian pembaca pernah mendengar atau melihat iklan iPhone. Sebuah device baru dari Apple yg membuat banyak orang kagum thd inovasi2 yg dilakukannya. Masih ingat betapa fenomenalnya iPod di dunia (walau di Indonesia tdk begitu)? iPod berhasil membuka mata banyak produsen dan pemakai MP3 player bagaimana seharusnya kita menikmati musik itu. Dengan desain yang sangat cantik, mudah digunakan, dan yg paling penting adalah adanya iTunes. Desain cantik iPod sendiri mengalami puluhan kali revisi, shg didapatkan bentuk yg sempurna, tanpa sekrup atau apapun, putih bersih dan indah. Menu2nya sangat mudah digunakan, seperti kalau kita menggunakan Apple Macintosh di PC/Notebook. iTunes jg bukan hanya aplikasi player MP3 di PC dan tool sinkronisasi ke iPod, tapi juga sebagai sarana pengguna utk download konten MP3 secara LEGAL dari situs Apple. Itulah kehebatan Steve Jobs utk memaksa industri musik percaya dengannya dan mau menjual konten lagu lewat jaringan iTunes. Kalau anda cari info di Internet, terlihat betapa powerfull-nya iPod. Hampir semua mobil kelas atas di Amerika dan Eropa menyediakan iPod konektor di sound system-nya. Industri aksesoris iPod sdh mencapai $ 1 milyar....wow ck ck ck (http://www.businessweek.com).

Kembali ttg iPhone, kita lihat sekali lagi Apple mencoba membuka mata orang utk memahami bagaimana seharusnya handphone itu digunakan (bukan diciptakan). Ingat sekali lagi, seperti iPod juga, Steve Jobs memberikan CARA baru bagi kita utk mendengarkan musik digital. Desain iPhone memang cantik dan keren, tapi lebih hebat lagi adalah cara kita menggunakannya. Walau bukan hal yang baru, iPhone tidak menggunakan keypad sama sekali. Keyboard virtual iPhone mungkin yg terbaik saat ini, walau kecil tapi sangat mudah digunakan tanpa bantuan stylus sama sekali. Begitu jari kita mendekati huruf, ukurannya akan membesar shg mudah ditekan.

Semua menu sangat mudah diakses, dengan tampilan yg enak dilihat. Mulai dari menelpon, SMS, cek email, buka web, dengerin musik (kata mereka ini adalah iPod terbaik yg pernah ada), melihat video, buka Google Map dll semua sangat mudah sekali digunakan. Bahkan dg adanya sensor, tampilan di layar yg jernih itu bisa berubah sendiri dr portrait ke landscape tergantung posisi kita memegang iPhone tadi. Scrolling menu apa aja, cukup dengan menggerakan jari ke atas ke bawah. Zooming cukup dengan 2 jari membuka keluar dll. Yang pasti sangat mudah dan memberikan pengalaman baru dalam menggunakan handphone. Dengan harga $499 utk memory 4 GB, dan $599 utk 8 GB, saya yakin pembeli akan puas dengan performance-nya.

Sekedar informasi, iPhone ini belum mendukung 3G tapi sdh ada WiFi. Ada alasan tersendiri Apple belum menyertakan ini, krn mereka menganggap layanan 3G belum maksimal. Tapi dari semua itu, Apple berhasil memperlihatkan bagaimana sebaiknya handphone itu digunakan. Bukan dari inovasi teknologi-nya saja, karena O2, Dopod, Nokia, Motorola dll pun sudah mempunyai teknologi itu. Jadi Apple berhasil menangkap kebutuhan pengguna, lalu menuangkannya dalam sistem yg mudah, keren dan handal. Saya pribadi menganggumi Steve Jobs yang berhasil membawa Apple utk bangkit lagi, baik dari divisi komputer (Macintosh Desktop dan Notebook), digital music player (iPod) dan sekarang handphone (iPhone). Kapan2 akan saya tulis kehebatan Apple Macintosh deh. Saya sendiri gak sabar ingin memiliki iPhone sebagai suatu gadget yg bagus utk dikoleksi. Salam, surahyo.

2 comments:

Anonymous said...

pak rahyo, saya salah satu mahasiswa mmugm surabaya...pak kalo ada info ttg macbook apple tolong sharing donk pak karena saya salah satu new comer dalam komunitas pemakai apple

Bantenz said...

Sayang sekali, iphone beredar secara blackmarket di Indonesia, padahal penggunanya cukup banyak lho.. Menurut kabar yang saya dapat, ada sekitar 100.000 iphone yg beredar di Indonesia.. Hmm, kalau beredar secara legal, gimana ya.. He3.

Salam
www.thebantenz.blogspot.com