Tuesday, December 18, 2007

Information Technology Infrastructure Library/Service Management


Dear all,

Mungkin beberapa dari anda belum familiar dengan apa itu ITIL/SM (IT Infrastructure Library/Service Management). Sebuah istilah yang mulai populer akhir-akhir ini di dunia TI, yang berupa Framework untuk mengelola infrastruktur TI di suatu organisasi dan bagaimana memberikan service terbaik bagi pengguna layanan TI. ITIL sendiri dimulai oleh OCG (Office of Governance Commerce) di Pemerintah Inggris untuk memberikan guidance bagi organisasi/perusahaan disana.

Secara gampang, ITIL sendiri merupakan suatu framework yang konsisten dan komprehensif dari hasil penerapan yang teruji pada manajemen pelayanan teknologi informasi sehingga suatu perusahaan dapat mencapai kualitas dukungan layanan yang diinginkan. Saat ini ITIL telah didukung oleh susunan materi dan kursus pelatihan (termasuk ujian dan sertifikasi). Saat ini, ITIL telah mencapai versi terbaru yaitu ITIL V3 - Service Life Cycle.

ITIL mencakup delapan kumpulan, yaitu service support, service delivery, rencana pengembangan service management, ICT infrastruktur management, application management, business perspective, security management, dan software asset management. Dua di antaranya, yaitu service support dan service delivery merupakan area utama, yang disebut juga IT Service Management (ITSM). Secara bersama-sama, dua area ini mengandung beberapa disiplin yang bertanggung jawab untuk penentuan dan manajemen pelayanan Teknologi Informasi (TI) yang efektif.

Sebenarnya tujuan utama dari penerapan ITIL/SM ini adalah sebagai jembatan antara pihak manajemen dan divisi TI agar keduanya bisa berkomunikasi lebih efektif dan efisien. Sering terjadi, fokus bisnis dan fokus TI berjalan sendiri-sendiri sehingga perusahaan tidak bisa memanfaatkan infrastruktur TI yang ada dengan optimal. Departemen/divisi TI dalam suatu perusahaan seharusnya merupakan suatu organisasi yang memberikan layanan (Service Organisation). Divisi TI harus sensitif dan responsif terhadap kebutuhan-kebutuhan bisnis. Mereka juga harus bisa mengenali dan memahami pelanggan mereka (user di dalam sistem).

Jika kita kenal SLA (Service Level Agreement) sebagai bentuk perjanjian layanan dari suatu IT provider kepada pelanggan, didalam perusahaan kita juga akan kenal OLA (Operational Level Agreement) yang merupakan perjanjian layanan dari suatu divisi TI kepada pelanggan/pengguna internal. Divisi TI bisa memberikan layanan secara professional, efeknya mereka juga bisa merupakan bagian dari bisnis itu sendiri. TI harus bisa menjadi enabler (pemampu) bukan hanya sebagai tool (alat bantu) dalam suatu bisnis. Semoga memberikan wawasan baru, salam hangat.

8 comments:

Alexandra said...

Mas Yayok,

apakah ITIL juga bisa digunakan sebagai guidelines dalam melakukan review terhadap IT Governance, karena selama ini, sy melakukan IT Governance Review hanya dengan menggunakan COBIT sebagai landasan, dan ITIL digunakan sebagai tambahan referensi untuk rekomendasi yang diberikan. kira2 gimana tuh Mas ??

Surahyo Sumarsono said...

ITIL dan COBIT berbeda dalam penerapannya. Jika COBIT digunakan dalam review, ITIL lebih ke guidance/reference dlm memberikan layanan IT ke internal. Jadi lebih diutamakan utk deliver the best service for internal customer mengacu pd aturan2 tertentu.

Edo said...

Pak Surahyo, bapak punya e-book tentang ITIL dan COBIT, kalau ada boleh kirim ke saya, saya memncoba untuk mempelajarinya, email address saya eduard.sumual@gmail.com, Thx Pak Surahyo

Arief Latu said...

salam kenal pak surahyo, saya sangat tertarik dengan bahasan bapak tentang ITIL. Bolehkah saya meminta referensi seperti e-book yang mungkin bapak punya? kalau bapak tidak berkeberatan, saya bisa meminta referensi2 tersebut. Alamat email saya nyo_nyo_el@yahoo.com. Terima kasih sebelumnya.

Yanto said...

Selamat Siang Pak Surahyo,
Jika ada E-Book atau Referensi yang berkaitan dgn ITIL & Cobit bisa di email ke saya Pak.

trims
Yanto_rikep@yahoo.com
Medan

Shafira Fawwaz's Blog said...

Pak..
boleh tanya ..
bedanya ITIL dengan CISA apa yaa
maaf saya mmg benar2 belum tahu
lebih baik mendalami ITIL ataukah CISA jika kita dah bertahun2 di bidang IT
Terima kasih sebelumnya.

riny91@yahoo.co.uk
Jkt

Ria 061 said...

pakkkk
saia mau donk modul sama e-book tentang ITIL
bisa di kirim ke email saya rie_luvcats@yahoo.com

Phinisi Boat said...

thanks infonya,,sangat bermanfaat