Thursday, October 16, 2008

Kenapa Netbook (UMPC) menjadi populer?


Dear all,

Baru-baru ini saya membeli Netbook, sebuah istilah baru utk notebook dengan ukuran layar yang kecil (kurang dari 10 inch), dengan spesifikasi yang minimal untuk menjalankan sebuah Sistem Operasi dan beberapa aplikasi bisnis. Sebagai gambaran, processor ada yg menggunakan Intel Atom, VIA, dan beberapa processor yang cocok utk kebutuhan ringan dan hemat konsumsi baterai. Memory bisa mulai ukuran 512 MB sampai 2 GB, dan storage bisa berupa harddisk 2.5 inch standar notebook atau menggunakan Solid State Disk (SSD) yang kecil, cepat aksesnya, tidak rentan guncangan tapi harga lebih mahal dari HD biasa dengan ukuran yang sama.


Beberapa ciri lain dari Netbook ini adalah kemampuan baterai yang cukup lama (lebih dr 4 jam), bobot yang ringan (kurang dr 1 kg), webcam, tanpa optical drive dan harga yang murah (rata2 di bawah USD 500). Merk yang saya beli kebetulan adalah Aces Aspire One harga 4.7 juta waktu itu, dg spesifikasi Intel Atom 1.6 GhZ, RAM 1 GB, HD 120 GB, webcam, 3 USB port, VGA, SD/MMC Card reader, WiFi, battery 6 cell dan berwarna biru. Package yang saya beli menyertakan Windows XP Home Edition dan MS Office 2007 trial edition utk 60 hari. Saya coba membuat partisi baru utk installasi Linux GOS dan berjalan dengan lancar kecuali butuh driver WiFi.

Saya mencoba menggunakan Netbook ini utk mengajar di beberapa tempat,cukup nyaman utk digunakan krn ukuran kecil, ringan, dan cukup utk menjalankan aplikasi2 standar seperti Office (MS Office & OpenOffice), browser (IE, Firefox, Safari), email application (Outlook, Thunderbird dll), Multimedia (music, video) dan lain-lain. Dengan penggunaan normal, battery 6 cell bisa lebih dari 5 jam. Tampilan fisik pun tidak mengecewakan, cukup menarik perhatian orang lain utk memberikan perhatian ke Netbook ini. Cuma karena saya biasa bekerja dengan IBM Thinkpad X60, tidak bisa dibandingkan kecepatan dan kehandalannya. Dan juga krn layar sangat kecil (8.9 inch), pastinya cukup melelahkan utk kerja dalam waktu yg lama. Beberapa produk lain adalah Asus Eee PC, Lenovo S, HP Mini Note, MSI Wind, Dell Inspiron Mini dll.

Kenapa Netbook menjadi populer akhir2 ini, terlihat bahwa orang semakin membutuhkan akses Internet yang ringan, kecil, mudah dan murah. Bahkan digunakan utk kebutuhan bisnis yg ringan pun bisa dilayani oleh Netbook ini. Dari beberapa sumber, Intel pernah menyatakan agak menyesal mengeluarkan Intel Atom utk kebutuhan Netbook ini krn cukup powerful utk kebutuhan bisnis ringan, sehingga bisa berkompetisi dg produk Intel yg lbh mahal utk low entry seperti Centrino dll. Tapi menurut pendapat saya pribadi pun, selama ini kita sering membeli sebuah produk IT (seperti notebook) dengan spesifikasi yang berlebihan dibanding kebutuhan kita. Bisa jadi, utk kebutuhan standar kita cukup membutuhkan notebook dg spesifikasi spt Netbook ini. Konsumen bakal makin dimanjakan dengan solusi murah karena masing2 vendor akan bersaing utk mendapatkan pembeli. Semoga bisa memberikan wawasan baru. Salam, surahyo.

3 comments:

Ecosystem modeler said...

Good review, man. Saya baru 'meriset' kebutuhan saya vs nyari netbook yg sesuai.
Yg paling menarik kalimat 'melelahkan utk dipake kerja dlm wkt lama'. Memang tujuan saya netbook untuk melengkapi 9300 saya yg sering terasa kekecilan (buat ngetik lama) dan gak terlalu kompatibel.
Saya kira Atom/Nano plus SSD akan memenuhi kebutuhan buka laptop dan tendang aplikasi dimana saja. Plus, kalau mau presentasi ga bawa barang berat. Kalau ada waktu panjang di rumah/kantor tinggal dilanjutkan di desktop.
Begitu, ya Pak.
Btw, blog saya yusbu.blogspot.com. Yg di facebook kemarin adalah cut and paste dr sini.
Met kerja, Om. Salam.

Fahrisal Akbar said...

Pak, kalau hrs memilih antara SONY VAIO dengan Acer FERRARI....

Bagusan mana ya????
Mohon sarannya....
He....

SHARE Info .... said...

makasih infonya....

http://career.gunadarma.ac.id