Saturday, April 11, 2009

Windows 7 sebagai Sistem Operasi terbaru Microsoft



Dear all,

Sekedar sharing pengalaman saya menggunakan Sistem Operasi terbaru dari Microsoft, (walaupun saya pecinta Ubuntu Linux). Artikel ini sudah dimuat di Harian Jogja edisi 5 April 2009. Semoga memberikan wawasan baru, salam.

Setelah mengalami beberapa masalah dalam penjualan Windows Vista, Microsoft berencana meluncurkan versi terbaru Sistem Operasi mereka yaitu Windows 7. Seperti kita ketahui, dalam beberapa tahun terakhir ini penggunaan Windows Vista di berbagai perusahaan mengalami masalah dengan tidak adanya kompatibilitas dengan beberapa aplikasi bisnis yang mereka pakai. Selain itu, Windows Vista terlalu boros dalam menggunakan sumber daya (resources) hardware di computer sehingga menyulitkan dalam penggunaannya. Akibatnya, banyak perusahaan yang akhirnya memutuskan untuk kembali ke Windows XP. Hal itu menyebabkan Microsoft mengeluarkan update-update terbaru bagi Windows XP yang sebelumnya oleh Microsoft direncanakan akan dihentikan penjualannya.

Saat ini pihak Microsoft sudah menyediakan Windows 7 versi Beta, yang artinya pengguna bisa men-download langsung dari situs Microsoft tanpa dikenakan biaya karena masih dalam tahap ujicoba. Pengguna juga bisa meng-copy atau mendapatkan DVD untuk menginstall Sistem Operasi tersebut dari beberapa majalah computer yang menyediakan secara gratis di edisi-edisi terbaru mereka. Hal penting yang perlu dicermati dalam penggunaan Windows 7 Beta adalah pihak Microsoft tidak menangggung resiko apapun jika terjadi suatu masalah dalam penggunaannya. Tujuan dari versi Beta adalah untuk mendapatkan masukan (feedback) sebanyak mungkin dari pengguna sehingga nanti dalam peluncuran resminya sudah bisa memenuhi kebutuhan terbaru dan memperbaiki kekurangan yang terjadi.

Penulis sudah mencoba menggunakan Windows 7 Beta beberapa minggu terakhir ini, dengan catatan Sistem Operasi ini tidak di-install tunggal tapi menyertai Windows XP dan Linux yang sudah ada di computer. Bagi pengguna yang ingin mencoba, pada saat instalasi akan disarankan untuk tidak menggunakan Windows 7 sebagai pengganti Windows XP maupun Vista yang sudah ada. Salah satu perbaikan yang terasa adalah kebutuhan minimal hardware untuk installasi lebih sedikit dibanding Windows Vista. Hal itu mengakibatkan proses instalasi menjadi makin cepat dan mudah. Diikuti proses startup yang lebih cepat, dan tampilan yang lebih bersih dan atraktif.

Hal lain yang membedakan dengan Windows Vista adalah tampilan yang lebih menarik dan penggunaan menu yang lebih sederhana. Fitur User Account Control (UAC) yang sering merepotkan pengguna Windows Vista sudah diperbaiki, sehingga pengguna Windows 7 tidak merasa terganggu. Taskbar juga disederhanakan sehingga jika pengguna membuka banyak aplikasi dan data, tidak akan membuat penuh menu di taskbar Windows 7. Jenis aplikasi dan data akan dikelompokkan di taskbar, sehingga proses perpindahan (switching) antar aplikasi dan data jadi lebih cepat dan mudah. Tampilan grafis dari desktop pun jadi lebih indah dan menyenangkan, diikuti sentuhan 3D pada beberapa bagian.

Penulis mencoba menginstalasi beberapa aplikasi standar bisnis seperti MS Office dan OpenOffice, Acrobat Reader, browser Firefox termasuk free antivirus Avast dan lain-lain. Sejauh ini belum menemui kendala dalam penggunaan, termasuk penggunaan aplilasi untuk koneksi Internet menggunakan Broadband Wireless (3G dan 3.5G). Jika menemui kendala, di setiap menu sudah disediakan shortcut bagi pengguna untuk memberikan feedback langsung ke Microsoft dalam penggunaan. Microsoft sendiri merencanakan akan meluncurkan Windows 7 sekitar bulan September atau Oktober 2009. Tentunya akan banyak perbaikan-perbaikan berdasarkan masukan para pengguna versi Beta saat ini. Banyak pihak baik perorangan maupun perusahaan berharap bahwa Windows 7 bisa menjadi solusi bisnis yang handal seperti Windows XP sebelumnya. Saat ini memang menjadi tantangan yang berat bagi Microsoft untuk bisa mempertahankan dominasi pasar Sistem Operasi diantara pilihan lain seperti Apple Macintosh dan Linux yang semakin bertambah jumlah penggunanya.

9 comments:

Irfan said...

Sepertinya menarik untuk di coba Pak, tapi saya udah kadung jatuh cinta sama si Felicia :D, nanti di coba di vmware aja dh..

erika said...

aku juga sudah nyoba make Win7, cuman kadang pas instalasi aplikasi2 nya agak susah...kadang mau, kadang gak mau...kenapa ya?

Bhaskoro said...

Pengalaman kami install windows 7 versi beta masih sering hang. Misal kita lagi kerja tiba-tiba saja komputer jadi freezing, gak bisa di apa-apain, jadi perlu di restart ulang.

hmm, jadi kalau sekedar untuk coba-coba sih gak papa ^_^

Krisna Putra Darma said...

thx pak for sharingnya..

wah saya udah gak sabar nih mau coba versi 7 ini. kmrn saya baru dari mangga 2 ada plan utk beli laptop eh ternyata kayanya mau tunggu pas paket sama windows 7 aja.. hehe

saya sangat senang dengan kuliah yg bapak bawakan di MMUGM jakarta, semoga dilain kesempatan kita bisa lebih byk sharing pengalaman dan pengetahuan

regard

Krisna

Acid said...

menurut saya, windows 7 akan banyak diminati karena menggabungkan kinerja XP dengan tampilan Vista. Secara garis besar, Windows 7 ini merupakan produk paling bagus dari windows. Walaupun perlu diketahui bahwa sebelum tampilan Windows 7 seperti itu, Ubuntu sudah menerapkannya terlebih dahulu dengan fitur Compiz-nya...


forum kampus saya... ;)

Sekolah Tinggi Managemen Informatika dan Komputer (STMIK)Jakarta said...

saya baru install windows 7 nih, mantap bin keren gan :D

Erwi said...

Mau tanya Pak,, kalau dari segi cost-benefit untuk user pemula yang tidak begitu optimal dalam penggunaan program yang bervariatif, lebih baik menggunakan Windows XP, Windows Vista, atau Windows 7 Pak ?

Terima kasih atas penjelasan Bapak,
Erwi

PEMBICARA said...

Sebuah ARTIKEL yang menarik dan bermanfaat bagi yang membaca.
Semoga dilancarkan dalam segala usaha dan sukses selalu.


Dari Agus Piranhamas Realitor (FB),
KLIK pembicarainternetmarketing dot com,
081556711744

PEMBICARA said...

Sebuah ARTIKEL yang menarik dan bermanfaat bagi yang membaca.
Semoga dilancarkan dalam segala usaha dan sukses selalu.


Dari Agus Piranhamas Realitor (FB),
KLIK pembicarainternetmarketing dot com,
081556711744