Monday, November 13, 2006

Pemahaman TI untuk orang bisnis

Dear all,

Pengen bagi cerita betapa beratnya bagi saya untuk menyebarluaskan pemahaman pentingnya belajar Teknologi Informasi (TI) bagi kalangan bisnis, baik di level staff operasional maupun manajerial.

Hal pertama yang saya temui umumnya dimulai dengan anggapan bahwa belajar TI adalah sama dengan belajar hal yang sangat teknis. Mereka pasti akan memulai dengan wajah tidak tertarik dan ogah-ogahan. Hal penting yang selalu saya lakukan jika mengajar baik di kampus maupun di training adalah mempelajari latar-belakang mereka untuk bisa mencari cerita menarik di bagian awal, yang selalu sebut "Ice Breaking Session". Bisa berupa cerita penerapan Internet Banking, jika banyak mahasiswa/peserta yang dari background keuangan. Bisa juga berupa cerita tentang 3G yang lagi trend sekarang, kalau mereka para pelaku bisnis yang tidak hanya menggunakan telpon hanya utk komunikasi, tapi juga Supporting Tool untuk kegiatan bisnis. Dan masih banyak lagi cerita-cerita lain yang biasanya harus saya cari di majalah Business Week, Warta Ekonomi, Swa, e-Indonesia dan lain-lain. Tapi pengalaman menunjukkan, keberhasilan kita membuka suatu sesi serius dengan cerita menarik, akan memberikan keuntungan untuk kelancaran sesi-sesi berikutnya.

Hal yang paling penting dalam menyampaikan matakuliah/training TI bagi kalangan bisnis adalah selalu siap menjadi konsultan/advisor bukan hanya seorang teknisi TI bagi mereka. Mereka tidak akan peduli betapa hebat Teknologi tsb, tapi mereka sangat concern, bagaimana Teknologi tersebut bisa menjawab masalah/tantangan yang timbul di perusahaan/organisasi mereka. Bacaan buku-buku Bisnis dan Manajemen adalah sangat mutlak bagi saya, bahkan kalau perlu diskusi dengan para praktisi di bidang Bisnis dan Manajemen adalah keharusan. Saya agak diuntungkan juga dalam posisi saya memimpin suatu perusahan Training for IT Professional (Inixindo Jogja di http://www.inixindojogja.com) dimana saya pun harus bisa menerapkan teori-teori bisnis dan manajemen yang saya pelajari, sehingga bisa membuktikan atau mencoba bagaimana implementasi dari teori2 tsb. Dan satu hal yang paling saya sukai dalam mengajar materi TI ke kalangan bisnis adalah ilmu saya selalu berkembang, dan ter-up to date secara otomatis dg melakukan diskusi dengan mereka di kelas. Jadi benar kata banyak orang, Ilmu Semakin Dibagi maka Semakin Banyak yang Kita Dapatkan.

Sementara ini dulu deh cerita saya malam ini, masih buaaanyaaak lagi cerita-cerita seru di bidang TI dan Bisnis, baik di Telekomunikasi, Perbankan, Rumah Sakit, Pemerintahan dan lain-lain.

1 comment:

Unknown said...

Buku bisnis and managemen apa yang dibaca nih Mas Yayok ?? jadi mau ikutan baca juga nih ...