Wednesday, November 22, 2006

VoIP, apaan sih?


Dear all,

Pasti pernah dengar kan: “yuk telponnya pake VoIP aja, biar murah”. Emang kenapa bisa murah? Apa bedanya ama telpon biasa? Kalo gitu, kenapa gak semua telpon di-VoIP-in aja?

Hmmm asik juga ya kalo nelpon pake VoIP. Tapi apa sih VoIP itu? Kalau gak salah (berarti bener) merupakan singkatan dari Voice over IP. Waduh apa ini? Gampangnya sih.... Suara di atas IP. Masih bingung? Sama dong....:D Oke deh, jadi yang dimaksud dengan VoIP adalah cara membawa jalur suara (voice) di atas jalur data yang menggunakan protocol TCP/IP. Walah panjang juga ya.......

Iya betul, dengan merubah suara kita menjadi paket data, kita bisa mengirim suara tsb bersama-sama dengan lalulintas pengiriman data misal pengiriman file pakai FTP, kirim email, browsing ke webserver, akses ke database server kantor pusat dll. Dengan kata lain, jalur suara standar, yang sering disebut PSTN (Public Switch Telephone Network) atau itu tuh jalur telpon lah gampangnya, udah gak diperlukan lagi. Kan jadi enak tuh, bisa dikelola lebih mudah, dan yang penting lagi kalau komunikasi suara tadi dilakukan antar kota, atau antar pulau, atau antar negara (yg gak ada antar dunia yaaaa... soalnya butuh paranormal tuh.. hehe), bakal lebih murah. Kenapa lebih murah? Nah ini perlu penjelasan lagi.

Koneksi jalur data itu biasanya disewa perusahaan untuk menghubungkan antar kantor cabang. Jalur tsb disewa permanent dengan biaya bulanan. Pernah dengar Leased-line, Frame-relay dll? Jadi dipakai atau tidak, biayanya flat/rata misal jalur 64 kbps dengan harga Rp. 4 jt/bulan. Nah daripada hanya dipakai kadang2, kenapa tidak manfaatkan utk membawa jalur suara kita? Untuk itu, dibutuhkan suatu alat yg namanya VoIP Gateway yg berfungsi merubah suara analog menjadi data digital. Kemudian oleh router, data suara digital tadi akan dikirim bersama-sama dg data lain, ditujukan ke kantor cabang di kota/negara lain tanpa harus melewati PSTN tadi. Ini yang untuk kebutuhan internal suatu perusahaan ya, bukan buat telpon komersial yg dipakai siapa saja.

Sekarang bagaimana utk telpon VoIP komersial? Di Indonesia, ada bbrp operator yang mendapat lisensi pemerintah utk jual jasa VoIP utk umum. dan mereka menggunakan jalur data TCP/IP (bukan PSTN) utk melewatkan suara kita. Makanya biaya bisa ditekan lebih rendah. Keuntungannya adalah mereka mempunyai Gateway yg menghubungkan jalur data tadi ke jalur suara PSTN lokal. Makanya kita bisa menelpon nomer lokal teman/saudara kita di kota lain.

Sekarang gimana kalau yg gratis? Bisa aja sih, cuma kita harus pakai PC/Notebook yg terkoneksi ke Internet. Dengan software spt Yahoo Messenger, Skype dll kita bisa berkomunikasi suara lwt jalur data. Untungnya kalau Skype bisa telpon ke nomer PSTN jg krn ada Gateway-nya, cuma tetep aja bayar kecuali pas promo. Kalau gak salah YM jg bisa sekarang, cuma belum pernah coba. Solusi lain ya cari yg bisa pakai Gateway gratis misal VoIP Merdeka-nya pak Onno dll. Udah cukup jelas kan apa itu VoIP dan knp murah? Semoga deeh.....

1 comment:

kleinengel said...

Hm... klo chit-chat dengan YM voice dah sering pak. Pake skype juga :-D

Tapi i wish i could use those tech by using my cell phone pak :-D kan telp ke luar negri jadi murah, telp doi juga apalagi ;-) hehehe... is it posible pak? or may u help me on this?